Saturday, August 24, 2013

Cara Merakit PC dengan Baik dan Benar



Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah Puji dan syukur kita panjatkan kehadiarat Allah AWT yang telah melimpahkan nikmat dan karunianya.
Ok kali ini saya akan sedikit share/berbagi ilmu mengenai bagaimana Cara Merakit PC dengan baik dan bernar. Tak perlu banyak bicara langsung saja kita ke TKP:

·         Untuk keselamatan kerja Poin yang bertama pastinya kita harus berdo’a terlebih dahulu untuk keselamatan dan keberhasilan kita merakit, jika lantai di tempat anda merakit tidak menggunakan alas/karpet sebaiknya saya menganjurkan memakai sandal maupun alat pelindung kaki lainya hal ini dikarenakan untuk mencegah bila mana ada kebocoran arus listrik, dan memakai baju kerja/werpack.
·         Siapkan alat dan bahan yang akan kita rakit seperti: Cassing, Power Supplay, Motherboard, Processor, Memmory RAM, Harddisk, DVD-ROM, maupun alat Peripheral/alat tambahan lainnya.
Cara intalasi/pemasangan:
1.       Pasangkan Power Supplay pada Cassing, [Berikat Mur].
2.   Rakit/pasangkan Processor pada socket Processor yang telah tersedia di Motherboard, beserta Cooling Pad –nya  (untuk pemasangannya sebaiknya anda pasangkan/rakit di luar terlebih dahulu.
3.   Rakit/pasangkan Memmory RAM ke Slot Memmory yang terdapat pada Motherboard. (untuk pemasangannya sebaiknya anda pasangkan/rakit di luar terlebih dahulu.
4.   Setelah Proses perkitan yang ke-2 & ke-3 selesai, pasagkanlah Motherboard yang telah selasai dirakit tadi pada Cassing, [Berikat Mur].
5.       Rakit/pasangkan  Harddisk pada Cassing, [Berikat Mur].
6.       Rakit/pasangkan DVD-ROM pada Cassing, [Berikat Mur].
7.  Rakit/pasangkan alat Peripheral/alat tambahan, (untuk poin ini terserah anda yang merakitnya.
8.     Pasangakan/sambungkan semua kabel konektor, contoh seperti di dalamnya: kabel Pront Panel(untuk pemasangan kabel Pront Panel ini sebaiknya anda lebih teliti dan hati-hati), Kabel Konektor kabel data Harddisk, Kabel Konektor kabel data DVD-ROM, dan lain-lain.
9.     Tutup kembali Cassing, [Berikat Mur].
Perakitan/pemasangan Selesai.

Akhir kata Alhamdullilahirabilalmin, saya telah selesai menulis artikel ini. Artikel ini saya tulis teruntuk siswa dan siswi Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Sagaranten (Steksa) dan khususnya untuk semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Kurang dan lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb.