Friday, August 30, 2013

Pengertian Tife File NTFS, FAT32, dan exFAT



Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah Puji dan syukur kita panjatkan kehadiarat Allah AWT yang telah melimpahkan nikmat dan karunianya.
Ok kali ini saya akan sedikit share/berbagi ilmu mengenai Tife File. Tak perlu banyak bicara langsung saja kita ke TKP:
1.       NTFS ( New Technology File Syistem )
-          Pengertiaan
Merupakan sebuah sistem berkas yang diberikan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT yang terdiri dari Windows NT3.X (NT 3.1.NT.3.50.NT3.51), Windows NT 4.X (NT4.0 dengan semua service miliknya), Windows NT5.X (Windows 2000, Windows XP. Dan Windows Server 2003, Serta Windows NT6.X (Windows Vista, Windows7).
-          Kegunaan
Menegani pasrtisi berkapasitas besar juga dilengkapi keamanan karena dilengkapi dengan pitur exrifsi data. Selain itu juga NTFS memiliki fitur disk compression untuk menghemat spce harddisk.
-          Kelebihan
Salah satu keunggulan NTFS di banding dengan sistem berkas lainnya  adalah bahwa NTFS bersipat extensible (dapat diperluas) deangan menambahkan sebuah pungsi yang baru di dalam sistem operasi , tanpa harus merobak desain secara keseluruhan (perombakan mungkin dilakukan, tetapi tidak secara signifikan).
2.       FAT ( File Allocation Table )/FAT3
-          Pengartian
FAT ( File Allocation Table ) pertamakali di kembangkan oleh Bill Gabes dan Marc McDonal pada tahun 1976-1997. Sitem berkas ini merupakan sistem berkas utama untuk sistem operasi yang ada pada saat itu termasuk di antaranya adalah Digital Research Disk operating syistem (DR-DOS) , Open DOS, Free DOS, MS-DOS, IBM DOS/2 ( vesri 1.1 sebelum berpindah ke sistem HP FS) dan Microsoft  Windows (Hingga Windows Me)
-          Kegunaan
Sistem berkas FAT  adalah sebuah sistem berkas yang mengunakan struktur tebel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi  untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja.
-          Kelebiahan
Bisa menyingkatkan sistem FAT untuk FAT saja juga banyak hampir semua versi Windows untuk versi FAT yang didukung misalnya GNU/Linux.
3.       ExFAT
-          Pengertian
File sistem exFAT ini muncul di service  pack pertama kali Windows Vista. File sistem ini bagus untuk perfoma yang cukup lebih baik untuk menghandle.
-          Kegunaan
exFAT adalah veersi terbaru dari pengemabangan file sistem FAT. Berguna juga untuk menghandle kapasitas harddisk yang tidak terlalu besar.
-          Kelebihan
Sekalabilitas untuk HDD(Hard Disk Drive) berukuran besar, ukuran berkas max 16EIS sebagai perbandingan FAT-32 hanya mendukung ukuran besar Max 232 (46b), ukuran closter yang didukung  hingga 2355 sektor dengan batasan inplementasi hingga 23 mb, perfoma untuk alokasi ruangan kosong dan penghapusan  ditinggalkan karena file sistem ini memperkenalkan inplementasi baru yaitu Free Space Bit Map, mendukung fiur access diractorl tunggal access control US (ACI) seperti lainya (NTFS) sayangnya fitur ini belum didukung sepenuhnya didalam Windows Vista Service Pack1, mendukung lebih dari (65536) berkas  didalam sebuah directory tunggal, mendukung transstaction safe  FAT file(sebuah fungsional untuk windows CE yang diaktifkan), memeliki ruang sendiri yang bisa digunakan oleh DEM untuk melakukan kistomasi terhadap sitem berkas  karakteristik perangkat tertentu,Times dapat ditampilkan dalam UTC tidak hanya dalam Local Time Saja.

Akhir kata Alhamdullilahirabilalmin, saya telah selesai menulis artikel ini. Artikel ini saya tulis teruntuk siswa dan siswi Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Sagaranten (Steksa) dan khususnya untuk semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Kurang dan lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb.