Sunday, August 25, 2013

REFERESI TENTANG BIOS ( Basic Input Output System )


Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah Puji dan syukur kita panjatkan kehadiarat Allah AWT yang telah melimpahkan nikmat dan karunianya.
Ok kali ini saya akan sedikit share/berbagi ilmu mengenai mengenal dan memahmi apa itu BIOS ( Basic Input Output ) . Tak perlu banyak bicara langsung saja kita ke TKP:
1.       Pengertiaan dan pemahaman tentang  BIOS ( Basic Input Output System )
BIOS ( Basic Input Output System ) adalah perogram yang di simpan di ROM ( Read Only Memmory) atau CMOS ( Complementari Metal Oxide Semiconductor ). Program ini bersipat permanen dan bertugas pada saat “Power On” , maka instruksi komputer utama  yang aktif adalah yang berada pada ROM-BIOS. BIOS ini juga sering disebut fireware. Instruksi ini akan membaca perogram “Boot Step” dari Floppy atau dari disk dan mengisi/menginstalasi RAM ( Random Access Memmory ). Untuk kemudian mengaktifakan OS ( Operating System ).
Setiap Motherbaoard memiliki BIOS ( Basic Input Output System ) , bila BIOS ini rusak maka kemungkinan  besar Motherboard tidak dapat digunakan lagi ( Kecuali BIOS di install ulang atau di Upgrade. Karena BIOS ini disimpan di ROM ( Read Only Memmory), maka kemungkinan kita hanya bisa merubah pengaturan yang telah ada, misalkan kita merubah besaran memory yang digunakan untu VGA yang berjenis On Board/merubah waktu dan tanggal, serta merubah settingan dasar lainya. Namun yang sering si ubah dan perlu diketahui yaitu merubah urutan Botting, dan mengecek ada tidaknya suatu komponen komputer yang kita pasang. Contoh peranan BIOS ( Basic Input Output System ) bagi jalannya sistem komputer adalah contoh misalkan kita memasang harddisk tidak terpasang dengan benar
BIOS ( Basic Input Output System ) sebelum tahun 1994 hanya mampu bekerja dengan 500 MB disk. BIOS ( Basic Input Output System )  modern umumnya mengunakan teknik Flash ROM yaitu BIOS ( Basic Input Output System ) yang dapat di ganti ( buakan Konfigurasi melainkan BIOS itu sendiri ) melalui perogram lewt Floppy atau disk. Flash ROM disebut juga EPROM ( Electrical Eraseble Programamble Read Only Memory), tife memory Non Volatile, yang menyimpan memory secara semi permanen.
2.       Macam-macam BIOS ( Basic Input Output System )
Macam-macam BIOS ( Basic Input Output System ) tergantung Motherboard yang kita gunakan yang terkenal merajai pasaran adalah dari vendor AWARD BIOS, AMI BIOS, PHONIX BIOS, IBM BIOS dan masih banyak lagi.
3.       Konfigurasi BIOS ( Basic Input Output System )

BIOS ( Basic Input Output System ) merpakan sistem yang pertama kali dibaca pada saat komputer dinyalakan ( Booting ),  BIOS ( Basic Input Output System ) akan menjalankan proses POST ( Power On Self Test ) untuk melakukan verifikaksi terhadap komponen-komponen utama pada komputer seperti:
·         Memory
·         Processor
·         Cache memory
·         Keyboard
·         VGA ( Video Grapic Adapter )
·         Floppy disk drive
·         Hardisk
BIOS ( Basic Input Output System ) juga menyimpan beberapa informas sistem seperti:
·         Syistem time and date
·         Perlatan plug and play yang terpasang
·         Konfigurasi floppy disk drive
·         Konfigurasi harddisk
·         Boot square
·         Securty features
4.       BIOS ( Basic Input Output System ) SETUP
Untuk masuk ke BIOS ( Basic Input Output System ) Setup dapat dilakukan melalui tahap berikut, tergantung dari vendor BIOS ( Basic Input Output System ) yang digunakan.
1.      AMI ( American Megatren ) BIOS –tombol yang digunakan- Tekan tombol DEL
2.      Award BIOS  –tombol yang digunakan- Tekan DEL, atau tombol CTRL+ALT+DEL , atau F10
3.      Phonix BIOS –tombol yang digunakan- Tekan F2

Akhir kata Alhamdullilahirabilalmin, saya telah selesai menulis artikel ini. Artikel ini saya tulis teruntuk siswa dan siswi Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Sagaranten (Steksa) dan khususnya untuk semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Kurang dan lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb.