Wednesday, December 23, 2015

Cara Instalasi dan Konfigurasi Mail Server dan Web Mail Server dengan Linux Debian 5


Assalamulikum Wr.Wb!

Apa kabar Manteman, sahabatku? Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana cara instalasi dan konfigurasi konfigurasi Mail Server dan Web Mail Server denga Linux Debian 5.

Mail Server atau yang sering disebut juga E-mail Server, digunakan untuk mengirm surat melalui Internet. Dengan begitu, dapat mempermudah dalam penggunaanya, karena lebih cepat dan efisien. Untuk membuat Mail server, harus terdapat SMTP dan POP3 Server, yang digunakan untuk mengirim dan menerima E-mail.

Perosers pengiriman E-mail terjadi karena adanya SMTP Server (Send Mail Transfer Protocol). Setelah dikirim, E-mail tersebut ditampung sementara di POP3 (Post Office Protocol versi. 3). Dan ketika User yang mempunyai Email Account tersebut Online, Mail Cilent akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dari POP3 Server. 
Aplikasi yang paling sering digunakan untuk E-mail Server pada Linux adalah Postfix. Selain mudah dalam konfigurasinya, Postfix juga bisa dikombinasikan dengan aplikasi mail yang lain, seperti Dovecot dan Courier.

Ok kita langsung saja ke pembahasan, sebelum kita menginstalasi dan Konfigurasi  Mail Server dan Web Mail Server pada Linux Debian 5 (Lenny) Server. Kita perlu membuat dulu DNS (Domain Name System), untuk Instalasi dan Konfigurasi DNS Server sudah di bahas dalam postan sebelumya atau sahabat bisa mengunjungi disini bagaimana cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server pada Linux Debian 5 (Lenny) Server. Setelah DNS Server berhasil dibuat tahap selanjutnya adalah Instalasi dan Konfigurasi Mail Server dan Web Mail Server.

Lankah-langkah instalasi dan Konfigurasi
1. Instal paket yang diperlukan untuk Mail Server.
   
    ~# apt-get install postfix courier-imap courier-pop squirrelmail
    
    Pada saat instalasi akan tampil seperti berikut:   

Pilih , lalu Enter




Tekan "TAB" untuk memilih , lalu Enter

Pilih "Internet Site", lalu 
Isi dengan nama Domain kita sebelumnya. Lalu Enter
2. Konfigurasi Postfix
    Editlah file /etc/postfix/main.cf
    ~# nano /etc/postfix/main.cf
    Setelah tampil arahkan kursor ke baris paling bawah sehingga tampil serperti berikut 
 

    Kemudian edit/ganti baris-baris berikut yang sudah saya tandai 
 Edit baris berikut 
mynetworks = 127.0.0.0/8 [::ffff:127.0.0.0]/104 [::1]/128
sehinga menjadi seperti berikut
mynetworks = 127.0.0.0/8 10.10.10.1

Tambahkan tanda Pagar "#" pada baris
mailbox_command = procmail -a "$EXTENSION"

Tambahkan skrip berikut ini pada baris paling bawah
home_mailbox = Maildir/
    Simpan hasil perubahan diatas. dengan cara tekan CTRL+X kemdian tekan Y dan ENTER.

3. Membuat mail direktori
    Mail direktori ini berfungsi unutk direktori INBOX, pada setiap User yang terdaftar. Pesan yang masuk  nantinya akan disimpan sementara dalam direktori tersebut. Agar direktori ini otomatis dibuat oada direktori Home setiap User, maka kita harus membuatnya pada direktori /etc/skel/ berikut.
~# maildirmake /etc/skel/Maildir

4. Restart Postfix
    /etc/init.d/postfix restart


5. Membuat Mail Akun
    Tambahkan dua User E-mail, untuk pengujian pada Mail Server nantinya. Pada bagian ini, kita harus terlebih dahulu membuat direktori Maildir seperti diatas. Agar setiap User mendapat Maildir secara Otomatis.
Tambahkan satu lagi agar berkiriman E-mail bisa dilaksanakan

6. Konfigurasi Web Mail
    Squirrelmail adalah paket Webmail yang sudah tersedia dalam Distro Debian Lenny. Oleh karena itu banyak Administrarot Jaringan yang menggunakannya, karena kemudahannya dalam konfigurasi.
Secara default, paket squirrelmail ini akan diletakan pada ditektori /usr/share/squirrelmail/ agar squirrelmail tersebut dapat diakses melalui web browser, kita akan membuat Link direktori dan membuat virtual Host.
Buat Link direktori Squirrelmail ke /var/www/mail
~# ln -s /usr/share/squirrelmail/ /var/www/mail

langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi  APACHE pada bagian sebelumnya sudah di bahas. dengan adanya Apache  server mail kita dapat diakses melalui Browser dengan protokol HTTP.
edit kembali file konfigurasi apache2 untuk membuat virtual Host
~# nano /etc/apache2/sites-avaliable/default
Tambakhan skrip berikut pada bagian baris paling bawah.


sehingga tampil seperti berikut ini