Tuesday, June 28, 2016

Mantan anggota geng motor di Sukabumi di modali alat bengkel

Sukabumi, detik.com - Polres Sukabumi memberikan modal berupa peralatan bengkel untuk kendaraan roda dua dan empat kepada 15 pria mantan anggota geng motor. Bantuan tersebut merupakan bagian dari pembinaan berlanjut guna mencegah para eks anggota geng motor itu tidak membuat onar lagi di jalanan.

"Jadi ini inisiatif kita mencegah mereka (anggota geng motor) kembali lagi ke jalan. Kita salurkan hobi mereka karena kalau saya tanyai satu-satu mereka itu mengaku menjadi koboi jalanan karena enggak ada kegiatan positif untuk disalurkan," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur kepada wartawan usai acara penyerahan peralatan bengkel kepada eks anggota geng motor di salah satu bengkel, Kota Sukabumi, Jabar, Senin (27/6/2016).

Rustam menjelaskan, bantuan peralatan bengkel tersebut merupakan permintaan dari para eks anggota geng motor tersebut. Polisi kemudian menggendeng beberapa perusahaan untuk memberikan bantuan dalam bentuk program CSR.

"Kita ajak sejumlah perusahaan ikut bantu. Alhamdulillah mereka juga mau peduli dan inilah hasilnya, ini juga baru sebagian. Ya doakan saja nanti bertahap semua mantan berandalan motor yang sudah tobat akan kita berikan bantuan serupa," tuturnya.

Penyerahan bantuan peralatan bengkel tersebut disaksikan puluhan warga di Kampung Cilimus, Desa Cireunghas, Kecamatan Cireunghas. Menurut Rustam, masyarakat juga diminta ikut mengawasi kiprah bengkel tersebut.

"Jadi jangan sampai hanya secara simbolis saya serahkan, besok-besok hilang lagi mereka jual. Tapi ya niat mereka tulus mau cari penghasilan yang berkah," ucap Rustam.

Heru Hermawan alias Akew (23), eks anggota Brigez, mengaku senang mendapat bantuan peralatan bengkel dari aparat kepolisian. Pria bertato ini memang punya hobi oprek motor.

"Kebetulan saya lulusan STM jurusan otomotif, jadi saya bersyukur ketika kemarin diajak komunikasi sama polisi untuk ngebubarin diri langsung ditawari hobi di kegiatan apa kami langsung kompak pengen buka bengkel dan akhirnya hari ini keinginan kami terpenuhi," ujar Heru. (bbn/bbn)