Wednesday, August 10, 2016

Cara Merubah Posisi Unity Launcher Ubuntu 2016

Halo manteman semuanya pastinya dalam keadaan baik kan pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi tutorial bagai mana cara merubah unity launcher Ubuntu 2016 (16.04). 
 Hal yang telah berubah sedikit di Ubuntu 16,04 LTS. untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, manteman benar-benar bisa mengubah posisi unity launcher. Jangan terlalu bersemangat manteman tidak bebas untuk melakukan kustomisasi penuh, setidaknya belum untuk saat ini. manteman dapat memindahkan unity launcher dari kiri ke bawah. Manteman tidak dapat memindahkan ke kanan atau ke atas.

Sekarang bagaimana cara merubah Posisi Unity Launcher di Ubuntu 2016 (16.04), kebetulan ada dua metode cara merubah Posisi Unity Launcher ubuntu ini

Merubah dengan cara CLI (Command Line Interface)
- Buka terminal (Ctrl + Alt + T)

- Gunakan perintah berikut untuk memindahkan Unity Launcher ke bawah:
gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Bottom
 

*Catatan
Apabila Manteman ingin memindahkan Unity Launcher ke kiri seperti awal default ubuntu Manteman bisa menggunakan perintah berikut: gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Left


Merubah dengan cara GUI (Graphical User Interface)
Untuk melakukannya dengan cara grafis, kita perlu menginstal Editor dconf. gunakan perintah di bawah ini untuk menginstalnya: 

sudo apt-get install dconf-editor

Setelah terinstal, cari dconf Editor di Unity Dash. Di sidebar kiri, pergi ke com > canonical > unity > launcher. Pada posisi ini, di panel sebelah kanan, klik pada peluncur-posisi dan mengubah nilainya antara 'kiri' dan 'bawah'.


Tidak perlu untuk restart atau bahkan menutup editor dconf maka secara otomatis unity launcher akan tampil pada bagian bawah.

*Catatan
Jika manteman menggunakan ubuntu 16.04 dan manteman tidak melihat opsi launcher position editor di dconf, manteman harus memperbarui sistem anda