Sunday, February 26, 2017

8 Bahaya terlalu lama di depan komputer

GUGEL88.com - Dewasa ini penggunaan komputer maupaun laptop sudah tidak bisa elakan lagi atau sudah tidak bisa jauh dari komputer, baik itu anak sekolahan anak kuliahan sampai dengan pekerja sekalipun. Pada postingan kali ini kami merangkum 8 Bahaya terlalu lama di depan komputer, simak baik artikel berikut ini :



1. Mata menjadi lelah



Selain meningkatkan resiko mata menjadi minus, bermain komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan mata kita menjadi lebih lelah dan juga sakit. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi layar komputer yang terlalu terang dan menyebabkan mata menjadi pedih. Apabila hal ini dilakukan terus menerus dan tidak dicari solusinya, maka mata akan menjadi cepat lelah, dan akan berpengaruh terhadap kondisi fisik anda.

2. Seringkali tidak memperhatikan kesehatan



Kesehatan juga merupakan salah satu dampak bahaya bermain komputer terlalu lama. Biasanya, mereka yang terlalu lama bermain komputer, jarang memperhatikan kesehatannya. CIri – cirinya adalah mereka menjadi jarang membersihkan badan alias mandi, ataupun jadwal dan juga pola makan yang kacau. Selain itu, terlalu lama bermain komputer juga meningkatkan asupan camilan, yang apabila dilakukan secara berlebihan dapat berabahaya bagi kesehatan.

3. Kurang melakukan sosialisasi dengan lingkungan nyata



Bahaya lainnya dari terlalu lama bermain komputer adalah dari segi sosial. Ya, mereka yang terlalu lama bermain komputer akan selalu terfokus pada apa yang dikerjakan di komputer, sehingga hal ini akan menyita waktu mereka dalam melakukan proses sosialisasi yang terjadi di dunia nyata. Mereka akan melewatkan obrolan ringan dan santai bersama keluarga, berolahraga dengan kerebat, dan juga berjalan – jalan di taman akibat terlalu lama bermain komputer

4. Gangguan Pada Tulang Belakang



Pastinya, Anda berada di depan komputer sambil duduk bukan ?. Nah, akibat terlalu lama dalam posisi duduk juga menyebabkan rasa nyerih pada tulang belakang bagian bawah. Jika dibiarkan terus-menerus, maka tentu juga akan menyebabkan penyakit yang lebih fatal, misalnya syaraf pada tulang belakang terjepit, inilah resikonya.

5. Tugas – tugas menjadi terlantar



Bahaya lainnya dari bermain komputer terlalu lama adalah pengabaian terhadap tugas – tugas, baik tugas di dalam rumah, ataupun tugas tugas yang berhubungan dengan pekerjaan kantor ataupun pekerjaan sekolah. Bermain komputer terlalu lama akan membuat tugas tersebut terbengkalai, dan pada akhirnya anda akan membuat tugas tersebut secara asal – asalah karena waktu yang semakin menipis, dan juga kondisi fisik anda yang sudah semakin lelah.


6. Garis Halus pada Wajah



Apakah kamu pernah menyadari saat berhadapan dengan layar komputer, terkadang kita terlalu serius sampai mengernyitkan dahi atau memicingkan mata? Nah, ternyata ekspresi serius tersebut bisa memunculkan garis – garis halus pada wajah terutama di area sekitar mata dan antara kedua alis. 


7. Jari Mati Rasa



Buat yang merasa jari kamu sering kaku atau mati rasa, ini juga merupakan salah satu dampak negatif penggunaan laptop. Meski efeknya tidak terlalu buruk tapi, jika didiamkan terus menerus bukan tidak mungkin bisa menyebabkan muncul penyakit baru yang lebih buruk.

8. Berat Badan Naik



Percaya atau tidak terlalu lama beraktivitas di depan komputer adalah faktor yang menyebabkan timbangan kamu semakin mengarah ke kanan alias berat badan bertambah. Menurut para ahli, mereka yang sering duduk di depan komputer memiliki pinggang yang lebih besar dan tingkat kolesterol yang lebih tinggi