Wednesday, February 8, 2017

10 Keahlian yang Anda Butuhkan Untuk Sukses di Tahun 2020




GUGEL88.COM - Filsuf Yunani kuno Heraclitus pernah berujar bahwa tak ada yang abadi kecuali perubahan. Sepanjang hidup, kita hanya bisa terus mengantisipasi dan beradaptasi sesuai kebutuhan agar tidak tertinggal. Kini di dunia kerja, momentum untuk perubahan besar berskala global segera akan tiba.

Di awal tahun 2016, World Economic Forum (Forum Ekonomi Dunia) mengidentifikasi tahun 2020 sebagai pintu gerbang menuju era revolusi industri keempat, periode di mana teknologi akan menggantikan mayoritas pekerja manusia di berbagai industri. Pergeseran ini tentu akan mengubah pola hidup dan bekerja, serta meningkatkan persaingan antar kandidat.

Sekarang saja perubahan ini perlahan sudah mulai terasa. Dengan besarnya volume kompetitor yang datang tidak hanya dari dalam namun juga luar negeri, apa yang sudah Anda persiapkan untuk tetap menjadi kandidat yang kompeten?

Untuk memandu pegawai di seluruh dunia memasuki era baru ini, WEF mengidentifikasi sejumlah tren di dunia kerja menurut ahli SDM dan ahli strategi internasional, dan dalam laporan tersebut, dipaparkan 10 keahlian yang Anda butuhkan untuk bersaing dan sukses di tahun 2020.

1. Pemecahan masalah
Inti dari mempekerjakan seorang pegawai adalah untuk memecahkan masalah secara spesifik. Pegawai kompeten di masa depan masih diharapkan bisa terus mengaplikasikan kemampuan dan pengalaman secara agresif untuk menemukan solusi dari problema yang harus diurai.

2. Berpikir kritis
Kemampuan berpikir kritis masih dianggap sebagai keahlian krusial untuk memilah data dan informasi yang berlimpah sekaligus memberi respon yang sesuai.

3. Kreativitas
Masuknya produk-produk teknologi dan metode kerja baru akan mengharuskan pegawai kompeten di masa depan untuk tetap kreatif mengolah dan memanfaatkan hal-hal baru tersebut untuk kemajuan kariernya.

4. Manajemen SDM
Tidak hanya bagian dari departemen HR, manajemen SDM adalah kemampuan yang penting dimiliki pegawai mana pun untuk memotivasi dan menggerakkan anggota tim seefisien mungkin demi mencapai tujuan.

5. Kemampuan kerja sama
Tidak hanya memimpin, keahlian dan kemauan untuk bekerja berdampingan dengan rekan atau bawahan diperlukan untuk tetap sukses di berbagai tingkatan karier.

6. Kecerdasan emosional
Sekedar cerdas saja tidak pernah cukup, terlebih di masa depan, di mana robot dan kecerdasan artifisial akan menggantikan manusia di berbagai posisi kerja. Sentuhan manusiawi masih dibutuhkan dalam bentuk kecerdasan emosional.

7. Menarik kesimpulan dan membuat keputusan
Walau kedatangan kecerdasan artifisial berarti pengambilan keputusan akan condong berdasarkan data, kemampuan mengambil kesimpulan dan mengambil keputusan tepat secara intuitif akan memberi Anda keunggulan dibanding rekan lainnya.

8. Keinginan untuk melayani
Kemampuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan pelanggan lebih awal adalah kunci dasar dari kesuksesan bisnis dan individu sukses dunia.

9. Negosiasi
Beberapa tahun ke depan, kemampuan untuk bernegosiasi masih akan dibutuhkan agar keputusan terbaik bisa tercapai.

10. Cognitive flexibility (fleksibilitas kognitif)
Satu masalah bisa diselesaikan dengan beberapa solusi yang tidak terduga asal Anda tetap terbuka untuk memahami dan mempertimbangkan beberapa konsep secara bersamaan. Memiliki fleksibilitas kognitif akan berguna untuk menilik dan menyelesaikan sebuah masalah dari sudut padang berbeda.

Nah, apakah Anda sudah punya 10 keterampilan ini?

sumber : qerja.com