Sunday, July 16, 2017

Istilah-istilah penting dalam Bitcoin (Bitcoin Glossary)


GUGEL88.COM - Halo sahabat gugel88 apa kabar? Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kebahagian untuk kita semua. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini gugel88 masih berbagi informasi mengenai Bitcoin, apa itu bitcoin?

BACA JUGA: Apa itu Bitcoin?

Sesuai judul postingan gugel88 akan membahas beberapa peristilahan penting yang berlaku dalam dunia bitcoin yang wajib sahabat gugel88 ketahui, baik langsung saja.



Istilah-istilah dalam Bitcoin

1. 51% Attack

51% Attack adalah keadaan dimana terdapat setengah tenaga komputasi di suatu jaringan cryptocurrency yang dikendalikan oleh satu kelompok penambang. Secara teori,  kondisi ini akan memberikan kendali atas jaringan kepada kelompok tersebut, termasuk kemampuan untuk mengeluarkan transaksi yang bertentangan dengan milik orang lain. Menghentikan transaksi orang lain agar tidak dikonfirmasi. Membelanjakan coin yang sama berulang kali, dan mencegah penambang lain untuk menambang blok-blok yang sudah valid.


2. AltCoins

AltCoins adalah singkatan dari Alternative Coins yang merupakan sebutan untuk cryptocurrency atau mata uang digital yang beredar di dunia selain Bitcoin. AltCoins biasanya menggunakan teknologi peer-to-peer yang serupa dengan Bitcoin namun memiliki beberapa karakterisitik yang berbeda dalam usahanya untuk bersaing dan mencoba lebih unggul daripada Bitcoin. Saat ini sudah ada ratusan AltCoins yang diperdagangkan di berbagai pasar cryptocurrency, termasuk: Ethereum, Dogecoin, Litecoin dan Ripple.


3. Analisis Fundamental

Analisis Fundamental adalah salah satu dari dua teknik analisis yang digunakan oleh para trader untuk memprediksi pergerakan harga cryptocurrency. Trader yang menggunakan metode fundamental akan mempelajari semua informasi finansial terkait cryptocurrency dan teknologi dibelakangnya untuk mengetahui dan memprediksi masa depan coin tersebut. Mereka akan memperhatikan berita terbaru, nilai intrinsik, pendapat para ahli, karakteristik coin, kualitas dan prospek teknologi yang dimiliki, dll.


4. Analisis Teknikal

Analisis Teknikal adalah salah satu dari dua teknik analisis yang digunakan oleh para trader untuk memprediksi pergerakan harga cryptocurrency. Berbeda dengan trader yang memprediksi harga cryptocurrency secara fundamental, trader yang menggunakan analisis teknikal tidak peduli dengan nilai, kualitas atau karakteristik suatu coin, melainkan dengan pergerakan harganya di pasar. Para ‘Technicians’ mempelajari supply dan demand di pasar untuk mengetahui kemana harga akan bergerak. Mereka akan menganalisa statistik dan grafik yang menggambarkan aktivitas pasar seperti harga dan volume, dengan pemikiran bahwa pergerakan harga di masa lalu cenderung akan terulang kembali di masa depan.


5. Arbitrase

Arbitrase adalah praktik dan strategi mencari keuntungan dengan cara memanfaatkan perbedaan harga pasar Bitcoin. Harga satu Bitcoin bisa berbeda-beda tergantung pada tingkat permintaan dan penawaran para pembeli dan penjual di suatu pasar Bitcoin (Bitcoin Exchange). Contohnya, bila di pasar China, seperti BTCC.com, tingkat permintaan terhadap Bitcoin lebih tinggi daripada di bursa Bitcoin Indonesia Bitcoin.co.id, maka harga Bitcoin di China akan lebih mahal. Trader Bitcoin bisa memanfaatkan selisih harga ini untuk memperoleh profit dengan cara membeli Bitcoin di Bitcoin.co.id lalu menjualnya di BTCC.com.

6. Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital pertama dan terkuat di dunia dengan nilai mencapai jutaan Rupiah per coinnya. Bitcoin dapat disimpan di dalam tablet, smartphone atau PC, dan ditransaksikan di berbagai negara di dunia dengan biaya pengiriman uang yang nyaris gratis, kemanapun dan kapanpun yang Anda inginkan tanpa bantuan pihak ketiga. Bitcoin muncul sebagai mata uang dengan performa terbaik di dunia pada tahun 2010, 2011, 2012, 2013 dan 2015 bila dibandingkan dengan USD.
 

7. Bitcoin Address

Alamat Bitcoin, atau Public Address, adalah alamat yang digunakan untuk menerima pembayaran Bitcoin. Seperti nomor rekening bank, alamat Bitcoin dapat diberikan ke orang lain ketika bertransaksi dan Bitcoin akan terkirim ke alamat tersebut. Seorang pengguna dapat menciptakan ribuan alamat Bitcoin berbeda di dalam dompet Bitcoinnya secara gratis. Alamat Bitcoin kerap digunakan oleh lembaga donasi untuk menerima sumbangan Bitcoin dari penggunanya hanya dengan cara memasang QR Code di websitenya.





8.Bitcoin ATM

Bitcoin ATM adalah sebutan untuk mesin yang bisa digunakan untuk membeli dan menjual Bitcoin. Beberapa mesin ATM Bitcoin membutuhkan ID pengguna untuk bertransaksi sesuai dengan regulasi yang berlaku di negaranya. Dengan mesin ini, pengguna yang bermodalkan Bitcoin dan dompet Bitcoin di smartphonenya dapat menjual/membeli Bitcoin tanpa perlu memiliki akun di sebuah bursa Bitcoin. Sudah ada ratusan Bitcoin ATM di dunia,  dan lokasinya dapat dilihat di coinatmradar.com. 


  Nah itulah beberapa daftar peristilahan dalam Bitcoin yang wajib sahabat ketahui, semoga bermanfaat.