Tuesday, December 26, 2017

Cara Mining Zcash dengan VGA terbaru



GUGEL88.COM - Halo sahabat gugel88 kembali lagi bersama kami, semoga sahabat dalam keadaan sehat walafiat ya. Ok kali ini kita akan berbagi cara atau tutorial bagaimana menambang atau bahasa kerennya mining Zcash Coin dengan kartu grafis VGA NVIDA.

Apa itu Zcash?

Zcash adalah salah satu mata uang virtual seperti Bitcoin dan Litecoin. Zcash merupakan mata uang digital baru yang diluncurkan pada Maret 2017. Saat ini Zcash merupakan salah satu mata uang digital yang terkenal dan mempunyai harga jual yang bagus selain Ethereum. Dan yang pastinya Difficult untuk Mining koin ini tidaklah tinggi.


Cara Mining Zcash Nheqminer

Nheqminer adalah Miner Zcash khusus VGA merek Nvidia Geforce, dulunya digunakan sebagai Miner Individu untuk Mining Zcash pada Program Nicehash Miner. Oleh karena itu jika anda mendownload Miner ini dan menjalankannya, otomatis Pool yang akan diambil adalah Pool Zcash dari Nicehash Miner.

Silahkan ikuti langkang-langkah berikut dibawah ini:
1. Download Nheqminer
2. Extract File yang telah sahabat download.
3. Buka text editor kesayangan sahabat seperti Notepad, Sublime, atau lainnya kemudian salin kode dibawah ini
nheqminer.exe -l zec-asia1.nanopool.org:6666 -u ALAMAT_ZCASH/NAMA_WORKER/ALAMAT_EMAIL -p x -cd 0

Keterangan:

  • ALAMAT_ZCASH = Isi dengan alamat wallet Zcash sahabat
  • NAMA_WORKER = Isi dengan nama worker sahabat, kegunaannya hanya untuk proses statistik, tidak diisi juga tidak apa atau biarkan default menjadi worker1
  • ALAMAT_EMAIL = isi dengan alamat email sahabat yang aktif, kegunaannya untuk proses statistik dan notifikasi
  • -l = parameter untuk menyetel lokasi
  • -u = parameter untuk menyetel ALAMAT_ZCASH/NAMA_WORKER/ALAMAT_EMAIL
  • -p = parameter untuk menyetel password
  • -cd = parameter untuk menyetel berapa banyak VGA yang mau digunakan dan urutannya, misal anda mempunyai 6 VGA maka isi dengan 0<spasi>1<spasi>2<spasi>3<spasi>4<spasi>5
4. Setelah itu simpan dalam bentuk file .bat dengan nama start (start.bat) didalam folder hasil extract tadi dimana terdapat aplikasi nheqminer.


5. Klik 2x pada file start.bat dan akan muncul window seperti dibawah ini.


6. Mining Zcash dimulai.

Pada contoh diatas kita menggunakan Pool dari Nanopool sehingga nama pool di file start.bat tadi ada kata zec-asia1.nanopool.org, anda bisa saja menggunakan Pool dari mana saja. Jika anda ingin mengganti Pool dari Nanopool menjadi yang lain, silahkan ubah dari kata zec-asia1 hingga 6666.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar sahabat, semoga bermanfaat. Happy mining!